Minggu, 08 Mei 2011

JURNAL MANAJEMEN PENJUALAN

Manajemen penjualan adalah penganalisaan, pengaturan, perencanaan, dan pengawasan program - program yang berkaitan dengan penjualan dan pemasaran suatu produk atau untuk memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat.
Berikut ini adalah tiga unsur konsep penjualan adalah:
1. Orientasi pada konsumen.
2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral.
3. Kepuasan konsumen.

Sementara itu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam manajemen penjualan adalah sbb:
1. Segmentasi pasar : adalah bagaimana cara manajer membagi / mengelompokan pasar. Agar dapat mentukan lokasi yang tepat untuk target pemasaran.
2. Target pemasaran : untuk menentukan segmen mana yang pantas dimasuki dan memprediksi segmen mana yang paling potensial.
3. Target penjualan : merencanakan penjualan yang menyeluruh untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
4. Harga : menetapkan harga yang sesuai dengan biaya produksi, promosi, dan distribusi agar perusahaan tidak merugi.
5. Promosi : promosi yang gencar dan iklan yang menarik juga akan membantu meningkatkan penjualan.

Strategi dalam manajemen penjualan dapat dipengaruhi oleh :

1. Faktor mikro : perantara pemasaran, pemasok, pesaing, dan masyarakat.
2. Faktor makro : kondisi secara global (ekonomi, sosial, dan politik)

kelompok:
1. Irvan Ardiansyah
2. Abung Fayshal
3. Zendeedo Setiawan