Jumat, 30 Maret 2012

TUGAS 2 METODE RISET PEMASARAN

RISET PEMASARAN UNTUK PT. SOSRO
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan semakin maraknya persaingan di dunia industri minuman saat ini, menuntut sebuah perusahaan harus benar – benar tahu kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk itu perusahaan harus lebih fokus dalam melakukan inovasi produk, baik dari segi harga, kemasan, rasa, maupun varians.
Namun, usaha memahami konsumen bukanlah persoalan yang mudah bagi sebuah perusahaan. Berdasarkan pemahaman di atas, PT. Sinar Sosro yang merupakan pemain utama dalam industri minuman kategori teh mempercayakan PT. Tele Indikasi Integrator ( Polling Center ) selaku perusahaan riset yang sudah cukup handal dalam melakuakan riset dibidang sosial dan marketing, untuk melakukan studi mengenai consumer purchasing behavior atau perilaku belanja konsumen agar PT. Sinar Sosro dapat mengetahui produsen mana yang menjadi pesaing terdekatnya dan tindakan apa yang harus segera diambil untuk menjaga jarak dengan pesaingnya.
Untuk mengetahui consumer purchasing behavior, Polling Center menggunakan panel riset. Panel riset merupakan salah satu metode, yang dapat mengukur actual consumers purchasing behavior. Metode ini merupakan salah satu metode yang cukup akurat dalam meng-capture consumer behavior dan sekaligus menyempurnakan kelemahan dari metode face to face interview. Karena dengan metode face to face interview, informasi yang berkaitan dengan consumer behavior, seringkali mengalami bias karena adanya pengaruh klaim konsumen, yang tidak sama dengan kondisi sesungguhnya. Sedangkan dengan metode panel riset ini responden langsung mencatat setiap aktivitas pembelian yang dilakukan dengan bantuan diary.
Metode ini sering digunakan untuk memperdalam pemahaman tentang berbagai karakteristik dan keteraturan perilaku konsuman dalam menentukan apakah harus membeli barang atau tidak, menentukan waktu pembelian, kuantitas yang harus dibeli, pemilihan brand, dan lain – lain.

Dengan data aktual ini akan sangat berguna bagi para marketer dalam mengajukan berbagai macam strategi pemasaran untuk menaikkan jumlah penjualan produk yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan perusahaan.
Atas dasar pemahaman inilah pihak Sosro merasa sangat perlu untuk melakukan penelitian tentang perilaku konsumen dalam membeli produk khususnya produk minuman siap saji, maka penulis merasa perlu untuk membuat sebuah tulisan yang berdasarkan hasil kerja praktek yang dituangkan ke dalam bentuk laporan kerja praktek dengan judul “ Riset Perilaku Belanja dan Konsumsi Konsumen oleh PT. Tele Indikasi Integrator ( Polling Center ) untuk PT. Sinar Sosro.


1.2  Materi Kerja Praktek
Berdasarkan tempat kerja praktek penulis di Polling Center yang merupakan sebuah perusahaan riset, maka penulis mengambil materi yang relevan dengan kegiatan penulis selama melaksanakan kegiatan kerja praktek. Materi yang diangkat oleh penulis adalah mengenai riset pasar, yang menitik beratkan kepada panel riset yang dilakukan Polling Center untuk PT. Sinar Sosro.


1.3  Ruang Lingkup Kerja Praktek
Tempat penulis melaksanakan kerja praktek adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang riset yang melayani riset sosial dan marketing. Saat melakukan kerja praktek, penulis ditempatkan di departemen riset, sehingga memudahkan penulis untuk mengambil data yang diperlukan.


1.4  Tujuan dan Manfaat Kerja Praktek
Adapun tujuan dari kerja praktek ini adalah :
1.      Untuk mengetahui  bagaimana cara melakukan riset pasar.
2.      Untuk mengetahui metode – metode yang digunakan dalam riset pasar.
3.      Untuk memenuhi persyaratan kelulusan kuliah dan untuk mendapatkan gelar ahli madya.

Adapun manfaat kerja praktek adalah :
1.      Bagi Penulis
Mendapatkan pengalaman kerja karena telah menjalankan praktek kerja dan mengetahui bagaimana proses dalam melakukan riset pasar.
2.      Bagi Perusahaan
Dapat membantu mempermudah pekerjaan perusahaan dengan menyumbangkan ilmu – ilmu pemasaran yang telah didapat selama perkuliahan yang bermanfaat bagi perbaikan prosedur riset.
3.      Bagi Pihak Lain
Dapat dijadikan referensi untuk menambah pengetahuan tentang pemasaran dan riset pemasaran serta metode – metode yang digunakan karena menggunakan kasus nyata.
4.      Bagi Universitas
Dapat dijadikan tambahan referensi bagi universitas dan berguna untuk mahasiswa/ i lain yang ingin mengetahui tentang riset pasar.

Nama : Irvan Ardiansyah
NPM : 34209920
Kelas : 3DD01


Tidak ada komentar:

Posting Komentar