Senin, 03 Oktober 2011

TUGAS METODE RISET BISNIS 1

Article 1
ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL PT. COCA COLA INDONESIA



TEMA : Analisis lingkungan internal dan eksternal

Latar Belakang : Kekuatan PT. Coca-Cola Amatil Indonesia adalah Riset and Development yang intensif, pertumbuhan penjualan, Brand Image, loyalitas konsumen, keadaan distribusi dan pangsa pasar, harga produk yang kompetitif dan SDM yang besar dan terlatih. Kelemahannya adalah: ketersediaan bahan baku dan biaya produksi yang tinggi, yang menjadi peluang PT. Coca-Cola Amatil Indonesia adalah segmen pasar, pertumbuhan pasar, respon terhadap promosi, kestabilan struktur harga dan perkembangan produk dan ancaman dari PT. Coca-Cola Amatil Indonesia adalah persaingan produk teh, kebijakan pemerintah, perubahan selera konsumen, masuknya pesaing baru, perang harga dan fluktuasi nilai tukar asing.
Posisi PT. Coca-Cola Amatil Indonesia berada pada kuadran I dengan wilayah kekuatan lebih besar dari pada peluang sehingga perusahaan harus bisa menggunakan kekuatan dengan memanfaatkan peluang. Perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang cukup agresif agar dapat tetap mempertahankan persaingan pada industri minuman ringan.

MASALAH : Kemajuan teknologi yang begitu pesat, mengakibatkan segala sesuatu dengan cepat kelihatan ketinggalan jaman karena telah usang. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap usaha bidang industri. Untuk itu, maka mereka melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

TUJUAN RISET : Untuk mengetahui posisi Coca - cola dalam persaingan di kategori minuman ringan.

TEORI DAN JURNAL :
TEORI : ( AA, 1991, 45 ); ( BJ, 1997, 2 ),( EM, 86, 4 ),( HH, 91, 3 ),( KR, 1986, 2 ),(SI, 1994, 45 )
JURNAL : George Dantzig


Article 2
Pengaruh Persepsi produk,Persepsi model iklan dan Persepsi Iklan Magnum di Media Televisi Terhadap Keputusan Pembelian

http://library.gunadarma.ac.id/repository/view/16913/pengaruh-persepsi-produk-persepsi-model-iklan-dan-persepsi-iklan-magnum-di-media-televisi-terhadap-keputusan-pembelian-studi-kasus-mahasiswa-universitas-gunadarma-fakultas-ekonomi-kelapa-duadepok-.html

TEMA : Pengaruh Persepsi produk,Persepsi model iklan dan Persepsi Iklan Magnum di Media Televisi Terhadap Keputusan Pembelian

LATAR BELAKANG : Iklan dapat menjangkau daerah yang tidak dapat dijangkau secara
fisik oleh produsen, selain itu iklan dapat dinikmati oleh orang banyak,
dapat diulang, dapat dibandingkan dengan pesaing, membangun citra
jangka panjang dan meningkatkan penjualan. Periklanan merupakan salah
satu dari alat yang paling umum digunakan perusahaan untuk
mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat.
Peranan iklan juga sangat penting dalam kehidupan modern saat
ini. Tanpa iklan, produsen (perusahaan) dan distributor akan kesulitan
dalam menjual produknya dan untuk perusahaan yang ingin
mempertahankan tingkat keuntungannya maka ia harus melangsungkan
kegiatan-kegiatan periklanan secara memadai dan berkelanjutan.

MASALAH : Rumusan diatas dibatasi pada masalah pengaruh persepsi
produk, persepsi model iklan dan persepsi iklan terhadap keputusan
pembelian. Dengan sampel 74 responden mahasiswa gunadarma
fakultas ekonomi jurusan manajemen kelapa dua depok angkatan
2008 – 2009 yang penyebaran kuisioner dilakukan pada kurun
waktu 1 minggu pada tanggal 14 April 2011 dengan menggunakan:
Uji Validitas dan Reabilitas, Skala Likert, dan alat analisis Regresi
Linier Berganda, Koefisien Korelasi Person dan Koefisien
Determinasi

TUJUAN RISET : Tujuan penulis menulis penulisan ilmiah ini adalah untuk menganalisis
dan mengetahui besarnya pengaruh persepsi produk, persepsi model iklan
dan persepsi iklan terhadap keputusan pembelian.

TEORI & JURNAL :
TEORI : James F.Engel (2000 : 3), Kotler dan Amstrong (2008:158)
JURNAL : Leon Schiffman dan Leslie Lazar Karuk, 2007

ANALISIS :
Walaupun menggunakkan jurnal dan teori yang berbeda, tulisan yang dihasilkan kedua penulis di atas mengangkat tema yang serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar