Sabtu, 12 November 2011

METODE RISET BISNIS (TUGAS 4)




POLLING CENTER


Struktur Organisasi
  • Bagan :
  • Tugas dan tanggung jawab :
  1. CEO : Yanti B. Sugarda yang mengelola dan bertanggung jawab secara penuh atas perusahaan.
  2. Corporate Secretary : Ekky Handayani yang bertugas membantu CEO dalam menjalankan perusahaan
  3. Ass.Operational Director : Sutrisno yang mengawasi kinerja Bagian Keuangan.
  4. Ass.Operational Director : Maya Purbo yang bertugas mengawasi kegiatan operasional perusahaan, dan mengawasi kegiatan di Departemen Riset, Lapangan, dan Entry Data.
  5. Research Executive Manager : Henny Susilowati yang bertanggung jawab atas riset departemen.
  6. Research Executive : Fauziah Hayati Syahir, Khadijah Hasibuan, dan Kiki Nazira yang bertugas menjaring klien.
  7. Field Manager : Ida Damanik yang bertanggung jawab atas riset yang dilakukan oleh lapangan.
  8. Field Supervisor :  Malagi Pulung, Fatmawati, Restu Nutully, dan Ega yang bertanggung menjalani kegiatan riser lapangan.
  9. Finance Departement : R. Bambang Seno Adi dan Yudi Supriyadi yang bertanggung jawab keuangan perusahaan.
  10. IT Departement : Danni Fajariyadi yang bertanggung jawab atas perangkat IT.
  • Aktivitas Operasional
Polling Center adalah sebuah perusahaan riset yang mengkhususkan pada bidang sosial dan marketing yang berbasis di Jakarta. Selain keahlian dalam penelitian pemasaran, Polling Center juga memelopori di bidang sosial-politik penelitian dan analisis di Indonesia, mengakomodasi permintaan untuk pemasaran, sosial dan informasi politik dalam era baru reformasi Indonesia saat ini.
Didukung oleh tim yang solid peneliti berpengalaman dan profesional dan dibantu oleh para ahli dari berbagai disiplin ilmu, Polling Center terus memberikan hasil yang berkualitas tinggi dengan kecepatan, akurasi dan kedalaman analisis.
Polling Center telah bekerja pada proyek-proyek tidak hanya terbatas pada kota-kota besar tetapi juga sampai ke daerah pedesaan terpencil di Indonesia.

  • Kegiatan
Melakukan berbagai riset sosial dan marketing dengan menggunakan metode :
  1. Metode Quantitative : Central Location Test, Face-to-Face interviews, Consumer Intercept, Mystery Shopper, Mail Questionnaires, Home Placements, Home Placements, Home Placements, Phone Interview
  2. Metode Qualitative : Focus Group Discussion (FGD) dan In-depth interview

 Wilayah Operasi : Telah menjangkau 33 Provinsi di Indonesia baik perkotaan maupun daerah terpencil.

  • Aktivitas / Ruang Lingkup Kerja Praktek
Hari
Kegiatan
8 Agustus
Pengenalan Perusahaan
9 – 12 Agustus
Entry data ke dalam matriks
15 – 19 Agustus
Membuat report power point
22 – 26 Agustus
Membuat desk research untuk UNICEF
5 – 9 September
Membuat proposal untuk UNICEF
12 September
Meeting di UNICEF
14 – 18 September
Revisi Report PT. Sosro
21 September
Bertemu klien di PT. Bajaj Auto Indonesia
22 – 25 September
Membuat report PT. Bajaj
28 – 29 September
Membuat timeline
30 September
Perpisahan
 
  • Jangka Waktu
Perusahaan menetapkan jangka waktu magang selama 2 bulan dari tangga 8 Agustus sampai dengan tanggal 30 September 2011.
  • Bimbingan / Pembimbing 
Selama melakukan kegiatan magang di perusahaan tersebut saya di tempatkan di Research Departement dan saya mendapatkan bimbingan dari salah satu Research Executive, Khadijah Hasibuan yang mengajari saya segala sesuatu tentang riset.

  • Hasil
Pelayanan - Tujuan :
Pelayanan yang diberikan oleh Polling Center adalah riset marketing dan sosial. Riset marketing bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar atas suatu produk atau jasa, sedangkan riset sosial untuk mengetahui pendapat masyarakat atas isu sosial yang sedang terjadi.

Perbaikan :
Polling Center perlu lebih menambah karyawan untuk departemen riset, karena departemen tersebut memiliki peranan vital terhadap perusahaan. Selain itu, supervisor yang berada di luar kota dirasa kurang memiliki kemampuan yang sebanding dari supervisor di Jakarta.
  • Kesimpulan
Polling Center adalah sebuah perusahaan riset sosial marketing yang sedang berkembang dan mempunyai prospek yang cukup baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar